Cara Instal Ulang / Flashing Firmware Sony XPERIA - Cara Cara Dan Solusi

Catatan Cara Dan Solusi SS

Cara Instal Ulang / Flashing Firmware Sony XPERIA

Hari ini ada tetangga yang ponselnya terkena Kunci Mcafee merk ponselnya Sony Ericsson dengan tipe MK16i dan beliau meminta saya untuk membukanya. Jujur saja saat itu dalam pikiran saya " Apa Saya Bisa ?" karena saya bukan tehnisi ponsel saya  jadi baru pertama  mengatasi masalah system (Firmware) pada Ponsel Sony. Tapi pengalaman yang sudah - sudah seperti mengatasi RESTART Sampai LOGO (Reset/Instal Aplikasi Baru) Pada SAMSUNG GT-S3850 , Instal Ulang Samsung Galaxy Mini GT-S5570I , dan beberapa jenis ponsel lain yang bermasalah pada firmwarenya Alhamdulillah berhasil, siapa tahu kali ini pun keberuntungan bersama saya dan sukses juga.

Yang pertama saya lakukan tentunya mencari petunjuk sama Embah GOOGLE dimana sumber informasi apapun yang dibutuhkan tersedia. Dari beberapa petunjuk awal yang di peroleh yaitu dengan hardreset dengan menekan tombol Power + Volume Down,  dan Petunjuk lain dengan menekan beberapa tombol kombinasipun berulang-ulang saya lakukan, namun tidak  berhasil juga masuk ke menu hardreset, yang saya peroleh adalah jari jemari terasa panas hahahahahahahh....... Yang lebih parah lagi ada yang memberi petunjuk dengan menekan kode rahasia pada dial number. Bagaimana bisa masuk ke dial number begitu hp nyala saja sudah lock screen  oleh Mcafee. Ada lagi dengan cara menggunakan software Flashtool dan mendownload firmwarenya sudah saya lakukan tapi sayang gagal juga Eror pada saat prosess flash entah salahnya dimana Aku ra mudeng. Apa yang selanjutnya saya lakukan adalah tidur.... hahahah.. otak sudah panas maka harus diberi kesempatan istirahat.

Karena kemaun yang keras dan terus berusaha dengan rintangan kegagalan yang berkali kali akhirnya  Allah memberi solus pada sebuah website  tanya jawab berbahasa inggris dengan menggunakan  PC Companion dari Sony. Saya akan berbagi untuk anda yang sedang mencari  solusi Bagaimana Cara Instal Ulang / Flashing Firmware Sony XPERIA dengan PC Companion.

1. Koneksi Internet, disini kita akan mendownload firmwarenya langsung dari Sony.

2. Kabel Data, Untuk mengkoneksi antara ponsel dan Pc/Leptop.

3. Download PC Companion nya Disini.

4.Silahkan lakukan proses instal pada PC/leptop dan open PC Companion yang telah di download.

5. Matikan ponsel lepas simcard dan memory card demi keamanan, Meskipun pada prosesnya tidak akan menghapus memory card karena akan terinstal otomatis ke memory internal.
Pasang Kembali baterai Pastikan batre full. Hubungkan ponsel dengan PC/Leptop dengan kabel data. Jika terhubung, Pada ponsel  tampil tulisan SONY berlanjut tampilnya logo petir atau logo proses charger baterry, Pada komputer  aplikasi PC Companion  akan mendeteksi adanya koneksi antara PC dan Ponsel dengan menampilkan gambar seperti di bawah :

6. Close saja tab atas tab yang menandakan terdeteksinya Sony Phone/ Tablet anda.
Klik pada tulisan Update phone/tablet di sudut kiri atas. terbuka tab yang menandakan proses koneksi, Cabut dan pasangkan kembali kabel data yang tertancap pada ponsel dengan cepat.

7. Pada Menu PC Companion Pilih lah pada kolom 1 yaitu Suport Zone KLIK pada Start Maka Proses Download berjalan.

8. Terbuka halaman kedua Pilih menu ke 1 yaitu Phone / Tablet Update Lalu KLIK Sart. Maka terbuka Tab yang Baru.

9. Apabila Phonsel anda bermasalah pada Firmware dan perlu menginstal secara keseluruhan Firmware nya ( Instal Ulang) yang harus anda lakukan adalah KLIK pada tulisan repair phone/tablet (berwarna biru). Kalau cukup mengUPDATE Firmware Android nya saja maka langsung KLIK Conect. Karena disini kita akan menginstal ulang maka yang kita klik repair phone/tablet. Lihat gambar :










10. Terbuka halaman baru yaitu mengenai penjelasan kalau semua Data yang tersimpan di Internal Storage Akan terhapus. Kalu memory eksternal masih tersimpan di dalam ponsel lanjutkan saja prosesnya karena data yang tersimpan di Eksternal Storage (SD Card) itu aman  tidak akan terhapus. KLIK Continue.

11. Sekali lagi akan terbuka halaman peringatan kalau semua data di internal storage akan terhapus, beri ceklist kalu anda sudah memahaminya karena jika tidak di beri ceklist pada kolom tersebut maka
tombol Next tidak bisa anda klik. ok sudah di ceklist? langsung klik Next Maka tab yang tadi akan hilang dan tampil tab proses berlangsung. tahap ini dinamakan proses Start.

12. Tahap selanjutnya proses Prepare, disini akan tampil halaman informasi silahkan anda baca dan pahami, kalau sudah silahkan beri ceklist lagi untuk melangkah ke tahap berikutnya

13. Terbuka tab baru mengenai peringatan baterai harus terisi 80%. Beri ceklist lagi untuk melangkah ke fase berikutnya. Klik Next.

14. Tampil halaman utama pada tahap proses prepare., disini anda akan melihat berbagai jenis tipe handphone beserta gambarnya. Silahkan anda cari tipe ponsel yang sedang anda reparasi saat ini, kalau bingung karena terlalu banyak ketik saja pada bagian Search tipe ponsel yang anda perbaiki( Lihat Gambar Samping). Kalau sudah ketemu klik pada gambar hp tersebut lalu lihat kesudut bawah dan Klik Next.

15. Terbuka tab baru mengenai tutorial steps - steps yang harus anda lakukan untuk menuju proses berikutnya. Pada Intinya Tahap ini adalah :
-Lepaskan Kabel Data yang Terhubung
-Tekan dan Tahan Tombol Back Pada ponsel sambil tangan yang satu memasangkan/mencolokan kembali kabel data penghubung Ponsel ke pc. Saya pastikan jika dilakukan dengan benar maka aplikasi PC Companion akan bekerja lagi mengisi Firmware ke ponsel anda. Tunggu prosesnya berjalan, sambil menunggu prosesnya silahkan buat segelas kopi hangat untuk merayakan keberhasilan pekerjaan anda kali ini.

16. Kalau proses selesai cabut kabel datanya dan Nyalakan Ponselnya, Atur semua settingan awal, Selesai. Minumlah kopi yang telah dibuat tadi danTersenyumlah....

Mohon Maaf Sebelumnya apabila tulisansaya kurang baik karena saya akui saya tidak bisa  membuat sebuah tutorial yang bagus, Untuk itu lebih jelasnya silahkan lihat video dibawah ini untuk lebih memperjelas tulisan saya ini. Semoga hal yang sederhana ini bisa berguna. TERIMAK KASIH.
Custom Search
Share this Article with your friends
61 Komentar untuk "Cara Instal Ulang / Flashing Firmware Sony XPERIA "

thx bro mantap membantu sekali ini artikel,tambahan yang step ke 15 beda hp beda perintah, klo hp ane merek sony sola disuruhnya tekan tombol volume yang bawah,

thx juga bro, sangat membantu sekali, utk step ke 15 betul kata yang diatas beda HP beda perintah, punya ane perintahnya juga disuruh tekan tombol volume bawah.

gan ane gagal terus pas step 3.update tulisannha merah, padahal udah ngikutin step nya, gmana nih solusinya

Ok gan sama2, mari kita sama belajar karena saya pun bukan tekhnisi ponsel

step 3 itu proses download maksudnya?

bang kalo dari hp nya gamau konek ke pcnya kenapa iya bang

cabut kabel data dari pc segera pasang kembali ( dengan cepat )

Mantabbb... pas bgt bootloop xperiaku,,

Thanks gan,,,

klo pas lagi instal ulang nya itu nggk perlu pake internet kan bang?

pas lagi di install ulang nya nggk harus pake internet kan?

harus ada internet gan karena kita langsung download ke web sony

Numpang nanya gan experia m saya ga bisa konek ke pc padahal drivernya udah ke instal semua

mantap gan work dengan sempurna, makasih gan infonya :)

mantap gan : lagi proses update nih,tp lama bgt ...wkwkwk

Terima Kasih banyak gan,, ini tutorial yg sangat jelas dari pada blog lain yg saya search di google, hp xperia miro saya kembali normal,, terima kasih gan

Saya jg ada kendala restart kalo instal aplikasi ato uninstal aplikasi..hp saya m4aqua..
Kira kira work gk ya gan..
Aman gk!?

Hp saya xperia m4 aqua.. Selalu restart saat instal aplikasi da uninstal aplikasi..
Saya mau coba langkah ini..kira kira work gk ya ?
Trus seumpama gagal apa resiko nya..
Rusak gk kalo gagal??
Mohon pencerahan nya gan..

itu downloadnya kira2 berapa mb ya? soalnya saya make kuota

Kl boleh bersaran coba agan kembalikan dulu ke setingan pabrik (reset factory). Baik di ponsel/dilaptop yang namanya gagal instal system resikonya device tersebut akan eror karena tidak memiliki system yang lengkap tp eror tersebut hanya sebatas system tak akan merusak hardhware itu menurut saya gan.

kl berapa mb nya sy tidak mengukurnya gan sy pake speedy

Sama sama gan.. sy pun belajar.. sy bukan tekhnisi ponsel

Heheheh.. iya gan harus extra sabar ya?

Sy ikut senang mendengar berita ini gan... makasih sudah berkunjung ke blog saya gan

gak konek pada di bagian mana gan?

kalo hp saya kena bootlop, tetep bisa flashing gak?

Bisa gan lihat coment rekan "Hartabonan"

wah terimakasih gan sudah di share saya mau coba kebetulan hp saya lagi eror suses terus deh

gan pas pilih tipe hap, tapi type hape ane g ada dstu gmna tu gan?, hp ane MT27i

alhamdulillah work 100000% ganmoga dpt pahala n mafa.at ilmu pean.. mator swooon

Amin. Terimakasih atas do'anya gan.

saran saya batalkan cara ini sis, daripada beresiko silhkan sis googling lg pasti ada cara lain. "BANYAK JALAN MENUJU ROMA" trims.

gan, kan waktu prepare itu lama ya.. apakah itu proses downloding firmwarenya.??

Saya mau nanya gan, hp saya kan sony xperia m c1905. Keadaan hp bootlop. Terus saya gabisa melanjutkan download dikarenakan saat dipetunjuk suruh tekan volume down. Udah saya tekan terus saya colokan ke laptop tidak mau melanjutkan. Dan saya coba dngan menakan tmbl power + volume up sama aja gamau muncul menu hard reset. Yangtada nyala hpnya. Mohon dibalas. Terimakasih...

kl tekan tombol back sudah coba gan? Kl yang saya alami bukan menekan tombol volume up/down tp tombol back. perhatikan video di atas. barangkali bermanfaat.

gan, punya saya udah sampai langkah updating dari pc ke hp tiba2 putus sendiri gan. saya ulangi lagi sama aja.. ada solusi gan? thx

Yang dimaksud agan putus, itu koneksi antara pc dan hp? atau putus koneksi internet ya? kl putus koneksi antara PC dan hp, coba ganti kabel data atau pindah slot usb pada pc ke slot yang lain. terimakasih.

Gan klo lampu sony xperia saya led doank nyala gmn tuh gan,tapi masih konek ke pc atau laptop.kira kira bisa di flash gak.thx

Cuma Led yg nyala, kemungkinan ada masalah di hardware. Saran saya apa salahnya di coba gan? toh dibiarin jg hp agan gak mungkin bener sendiri kan? lebih baik usaha dulu gan andai gagal pun tapi ada positifnya kita yakin kalau problem hp agan bukan di firmware.

Lama banget om. Emang lama banget yah om..

Lama atau cepatnya tergantung kecepatan internetnya kemungkinan internet agan slow speed ya? hehehe...

Gan,, saya udah ngikutin langkah diatas pas udah mau langkah akhir tulisannya problem is no software available..gimana gan???, mohon solusinya.

Gan kalo sony experia L yang sudah di root bisa di flash lewat pc companion gak gan? Makasih sebelum nya gan

Sy blm pernah coba gan.. tp kemungkinan gak bisa..

Maaf gan apa tipe sony yang agan masukan pada langkah 14 sudah benar?

Xperia m2 d2302 dual downgrade ke 4.4.4 saya reset ke aturan pabrik dari hp tetep versi 5.1.1,kalo dari xperia companion bisa gak ya gan?

Untuk Downgrade tidak bisa menggunakan Companion gan. Harus Flashing dengan cara lain.

sony xperia c1905 saya keluar sayangnya terus, lalu restart sendiri dan seluruh aplikasi tidak bisa dijalankan. Apakah bisa diperbaiki dengan cara diatas? Trims.

Saya blm menemui kasus yg spt agan alami, menurut saya apa salahnya di coba gan, karena besar kemungkinan bisa sebab masalah tersebut muncul karena firmware. sementara cara yg sy posting ini adalah mengganti firmwarenya. dibiarin jg toh hp agan tetap muncul "sayangnya" terus. semoga membantu. trims.

gan kl ga bs nerima sms sedangkan tlp maupun kirim sms bisa, itu kesalahan frimeware nya bkn gan?, udh disetel pabrik keadaan tidak berubah.

jawaban sy hanya masukan buat agan bukan jawaban pasti slhkan agan pertimbangkan.... kl telah di kembalikan setingan pabrik masih tak bs nerima sms bs kendala firmware jg gan... bs jadi file beckup pincang... dan bs juga akibat hardware.

gan setelah selesai proses installing terus dapat waktu beberapa hari kok langsung error lagi yaa...seperti google play has stopped dsb...

pastiakn driver hh sdh ter instal dengan baik, lanjut ikuti tutor admin

Bang klo mau liat file yg sudah terdownload di pc companion, cara nya gmn? Sy mau copy file nya..thx

Xperia m5 saya ikon kamera depannya hilang setelah upgrad ke os marsmelow.

Bang kl hp dalam keadaan mati total masih bisa kan?

Back To Top