Solusi Printer HP Diskjet 1010 Cuma Ngeprint Setengah - Cara Cara Dan Solusi

Catatan Cara Dan Solusi SS

Solusi Printer HP Diskjet 1010 Cuma Ngeprint Setengah

Beberapa bulan yang lalu saya beli printer  HP Diskjet 1010, meskipun saya tahu printer tersebut boros tinta, tidak apalah toh hanya buat print teks. Setelah tinta ori habis lalu saya reffil. Masalah yang ada beberapa kali saya harus copot pasang catridge karena catridge tidak terdeteksi. Reffil yang pertama no problem Catridge tidak terdeteksi bisa diatasi. Setelah saya reffil yang kedua kalinya printer itu bermasalah, Bisa Print tapi cuma sebagian halaman  bahkan cuma seperempat dari kertas A4/F4. Pusing dikepala pun singgah... Hahahaha. Hampir setengah hari saya oprek oprek printer tersebut Googling kesana kemari tak ada solusi yang pasti. bahkan kata kunci yang saya masukan ke Google belum ada yang membahas problem yang saya hadapi. Akhirnya 3 bulan HP Diskjet 1010 diam membisu di kolong meja dengan ditemani nyamuk dan sarang laba-laba. Baru hari ini saya ada kesempatan untuk ngoprek-ngoprek kembali printer tersebut karena saya lagi butuh Printer yang asal bisa print warna hitam.
     Pertama yang saya lakukan Reset Manual, dengan menekan dan tahan tombol power kemudian cabut kabel power dari adaptor di belakang printer lalu cabut juga kabel adaptor dari stop kontak listrik dengan tangan satunya tetap menahan tombol power. lalu masukan lagi kabel adaptor ke stop kontak dan masukan juga kabel power dari adaptor ke bagian belakang printer. Dan reset berhasil saya lakukan.
Tapi hasilnya wow.......... masih tetap  tidak bisa print secara penuh pada test print. Masalah kembali tak terpecahkan. Saya googling lagi siapa tahu masalah tersebut setelah 3bulan ada yang membahas..... hasilnya pun sama nihil. Otak di peras dan tetap bersabar itu kata kunci apabila menghadapi masalah. Dan saya googling dengan kata kunci global mengatasi masalah printer tidak bisa print. Biarpun yang saya temukan adalah masalah printer  secara umum artinya saya tidak menemukan pembahasan secara khusus masalah yang sedang saya hadapi tapi biarlah, siapa tahu saya menemukan Jarum Dibalik Tumpukan Jerami. Dari sebuah komentar pada sebuah blog yang membahas tentang Posisi Sensor kertas  saya dapat ilham di otak yang tidak pintar ini. Tidak bisa Print secara penuh/Print cuma setengah bisa diakibatkan karena sensor tersebut tidak mendeteksi kertas yang ada. Itulah Ilham yang masuk ke pikiran saya. Kemudian saya cari dimana sensor kertas pada Printer HP Diskjet 1010. Bagi rekan yang belum mengetahui sensor kertasnya lihat gambar di bawah dan yang saya beri lingkaran merah  itulah sensor kertasnya.

Bentuknya bening seperti  mika itulah sensornya. Ternyata disitu ada tinta uang menempel lalu saya bersihkan pakai tisu ternyata tidak bisa bersih karena tinta sudah terlalu lama mengering, saya ambil pembersih kaca lalu saya semprotkan ke tisu kemudian digosokan pada bagian tinta yang menempel pada sensor tadi. Setelah Tinta bersih coba saya test print.. dan hasilnya Menakjubkan Printer Printer HP Diskjet 1010 yang lama tak terpakai bisa Print secara penuh dan normal. bagi rekan yang mengalami problem seperti yang saya hadapi mungkin pengalam saya ini menjadi referensi. Kemungkinan besar pada printer tipe lain pun apabila sensor kertasnya kotor akan bermasalah serupa. Semoga ketikan saya ini bisa berguna bagi rekan yang membutuhkan.
Custom Search
Share this Article with your friends
36 Komentar untuk "Solusi Printer HP Diskjet 1010 Cuma Ngeprint Setengah"

Katrid lama tidak bisa dipakai, padahal hasil printnya masih bagus, ditandai lampu power yang berkedip-kedip.
Itu gimana solusinya?

terima kasih infonya yang sangat bermanfaat ...

makasih min....

tapi punya saya hitam jadi warna biru apa sma masalh na ea???

Kemungkinan cip eror atau bs karena blinking, solusi apa bila blinking cari cara resetnya sy tidak bs jelaskan panjang lebar disini gan.. maaf. Dan kl cip pada catridge nya yang rusak terpaksa ganti gan.

Ya sama sama gan.... semoga membantu

Dugaan saya.. catridge hitam bermasalah gan.. kenapa yang keluar biru karena tinta yang keluar dari catridge warna gan

Saya kalo ngeprint pake hp disjek 1010 tidak ada tanda tanda suara hentakan printr jadiy kertaspun tak keluar.... pas di cek di laporany error printing malah kenapa yah gan.. solusibya gan he

Saya kalo ngeprint pake hp disjek 1010 tidak ada tanda tanda suara hentakan printr jadiy kertaspun tak keluar.... pas di cek di laporany error printing malah kenapa yah gan.. solusibya gan he

Seruh nih mampir ke blog suhu ini.
Boleh nanya bro jika print hp 1010 ini print gambar dengan coreldraw atau word. Terkadang ada sebagiqn warna atau malahan foto yang dprint tidak keluar apa masalahnya ya bro. Terima kasih sebelumnya bro

Dari keterangan agan sy hanya bs menduga itu karena blinking gan

Menurut saya karena printer hp 1010 hanya terdiri dari 4warna mendukung RGB sementara coreldraw CMYK tentu lebih maximal kita gunakan printer dengan 6 warna.

mau tanya ... nih ngeprint kok kertasnya tertarik sebelah dan g bs kluar

Dugaan sy kendala ada penarik kertas gan. Tapi sebelum agan membuka penarik kertas saran sy, langkah pertama yg harus agan lakukan coba cek dengan teliti tempat kertas (penarik kertas) bisa jadi disitu terhalang sesuatu misal robekan kertas atau benda yang lainya sehingga penarik kertas tidak berjalan semua / cuma sebelah, Sy mengalami kejadian tersebut ternyata anak memasukan mainannya ke dalam tempat kertas tersebut hehehehe. tp kl memang tak ada halangan berarti agan harus membongkarnya untuk cek tempat penarik kertasnya.

print hp d2666 masih baru lalu saya coba dengan laptop saya awalnya bisa print full 1 kertas namun pada lembar ke 4 mulai macet tidak mau ngeprint jadi hasil printnya hanya separuh dari ukuran kertas. bagaimana ya cara mengatasinya? sudah saya coba berulang kali ngeprint namun tetap saja hasilnya hanya separuh.

Apa setelaah di coba lg itu sama pada lembar ke 4 gan?, atau 1 lembar sudah print setengah halaman? Kl 1 lembar sudah print setengah solusinya sama seperti yang saya lakukan di atas gan.

saya mau tanya,saya baru beli hp 1010 tapi baru pakai 2 hari ko sudah habis ya ?? apa saat beli baru memang tintanya sedikit,padahal cuma print di rumah paling baru 60-80 lembar....moon infonya atau ada cara untuk resetnya ???

Printer ini memang begitu gan.... Boros tinta banget. Memang isi di dalam catridge barunya sedikit gan. Waktu saya baru beli pun sama kaget seperti agan. perlu saya infokan juga kalau nanti agan isi ulang dengan cara disuntik awas jangan full. kira-kira setengah atau seperempat dari tabung catridge sbb nantinya akan menetes terus menerus andai terlalu banyak seperti yang saya alami. mungkin karena hal itu jadi catridge baru isi tintanya sedikit. Cara reset supaya tinta tidak cepat habis? tidak ada gan. Hanya itu yg bisa sy sharing dengan agan semoga membantu. terimakasih

Gan, ane lagi bingung cari print.
Kira2 print ini Recomended gak gan... Untuk print teks, kondisi mau print skripsi... Makasih gan,

Gan, ane lagi bingung cari print.
Kira2 print ini Recomended gak gan... Untuk print teks, kondisi mau print skripsi... Makasih gan,

Utk teks yg cepet menurut saya canon gan... cuma kelemahanya ada pada catridge nya yang cepat rusak sementara harganya lumayan mahal. Kl hp, selain boros tinta catridge jg riskan eror. Yang nyaman epson cuma harganya tahu sendiri diatas hp/canon juga lambat dalam print teks. itu pendapat sy gan.. selanjutnya ya terserah agan, sy hanya bs memberi pertimbangan gan. terimakasih

Kak, kalo kertas mika nya gak kotor tapi tetap nge print setengah, solusinya gimanaa yah?

Apa sudah dibongkar sis dan yakin mika tersebut tidak kotor? kalau sista punya catridge cadangan coba dengan catridge yang lain. kalau tetap hasilnya sama kemungkinan besar ada trouble pada boardnya sis... Terimakasih

Gan..baru bgt nih beli deskjet 1010. Pas dicek ngeprint, kalo print berwarna bisa. Pas mau ngeprint tinta hitamnya malah kosong. Ga ke print. Knp y gan? Trimss

mau nanya dong mas, aku pake d 1050 buat ngeprint awalnya jelas makin ke bawah makin tipis-tipis gitu, kenapa ya?

Kak cara ngakases sensor kertasnya gimana ya?

Maksudnya akses dari pc/lepi? kl cek dari pc gak akan ke akses dik. harus buka cassing tuh printer dulu baru kelihatan mika sensor kertasnya. trims

Itu masalah catridge mba... lubang catridge yang tersumbat tinta kering coba ujung catridge tempat keluar tinta di masukan ke air panas cukup ujungnya jangan sampai kena chip nya. kl tetap gak berhasil ambil langkah ke 2. apa catridge tsbt sudah pernah disuntik? kl udh berarti ada lubang bekas suntikan pd lubang suntikan tersebut tekan dengan angin melalui suntikan kosong hingga tinta keluar dari bawah catridge sampai habis. tp kl ke 2 cara tadi ttp gak berhasil solusi akhir ganti catridge nya dengan yang baru. trims

Itu catridge hitam mampet gan...

cara buka cassing printer nya gmn gan?..... ada tipnya? atau bs diksh urutannya.... tx

Mohon maaf gan sy tidak bs menjelaskan secara detail, tp yang pasti casing printer tsb terbagi 2 bagian, atas dan bawah saja. yg bagian atas tidak menggunakan skrup hanya mengandalkan penjepit, kita tinggal melepas bagian penjepitnya saja nanti terbuka cassing (tutup) bagian atasnya.

Mau tanya, kalo mau print 20x40 cm di hp 1010 bisa ga ya? Saya udah ngotakngatik di paper size tapi liat di print previewnya kepotong terus

Iya gan Emang gak bisa gan..... print tsb banyak minusnya. sesuai harga.

Printer hp 1010 sy baru diisi tinta. Pas mgeprint malah ga bisa, dilaptopnya muncul info k lo sy suruh isi tinta lagi krna abis. Sy copot lg catride nya trs sy pasang lagi. Tetep kaya gitu. Pas kesekian kalinya copot-pasang malah ga ngerespon. Gmna solusinya?

kalau ada info sista harus beli tinta karena habis itu close saja. info nya memang begitu, karena seharusnya kita beli catridge originalnya. Gak merespon lampu powernya berkedip gak? kl lampu power tetap berkedip coba sista tekan tombol power selama 10 detik kemudian lepas.

Min klo roll tenpat catridge bergerak nya bisa di geser2 tp ga blik lg ke tengah itu knp Min? Makasih.

kl bukan roda gigi yg meleset... bisa karena board sis... trims.

Back To Top