CARA MEMBUAT MUSIK KARAOKE / MINUS ONE DENGAN ADOBE AUDITION CC - Cara Cara Dan Solusi

Catatan Cara Dan Solusi SS

CARA MEMBUAT MUSIK KARAOKE / MINUS ONE DENGAN ADOBE AUDITION CC


Pada kesempatan kali ini  untuk yang ke dua kalinya saya akan sharingkan mengenai edit audio minus one. Perlu kita ketahui bersama bahwa pada sebuah file audio terbagi menjadi 2 bagian yakni L(Left) + R(Right).  Cara yang akan saya sharingkan adalah menghilangkan bagian yang ada vokalnya dengan mengganti bagian yang tanpa vokal pada sebuah lagu karaoke. Dengan menggunakan Adobe Audition CC ini  menurut saya  lebih mudah dibandingkan dengan adobe Audition versi 1,5 yang sudah saya sharingkan terdahulu. Cukup dengan 4 langkah saja anda sudah mendapatka file audio yang anda kehendaki. Bagaimana penasaran? Mari kita belajar bersama. Oh ya bagi rekan yang belum memiliki adobe audition cc silahkan cari di GOOGLE
sudah banyak rekan bloger yang sharing software audition cc atau bila perlu langsung ke situs Adobe nya, pilihan ada ditangan anda heheheh.... Tp bagi yang malas membuka Tab baru untuk mencari audition cc bisa menuju link ini : http://adf.ly/p3g55 untuk mendapatkanya. Okey saya anggap adobe audition cc nya sudah saya anggap terinstal pada PC/Leptop anda dan Siapkan juga sebuah lagu yang versi karaoke, Sekali lagi saya TEGASKAN kalau lagu bukan versi karaoke menurut saya TIDAK ADA software yang mampu menghilangkan vokalnya yang ada hanya meredam suara midelnya sehinnga vokal dan suara midel pada musikn tersebut MENGECIL(tidak hilang) dan saya pastikan file lagu tersbut akan rusak jauh dari kata jernih alias hanya suara bass yang dominan.
Ok langsung saja kita mulai tahap-tahapnya :

1. Buka Adobe Audition nya, arahkan crusor mouse ke kiri atas Klik tool File lalu Open atau dengan Ctrl+O lalu cari lagu pada drive yang telah anda siapkan. Sebagai lagu bahan percobaan, saya gunakan lagu Tersisih Vokal Rita Sugiarto yang di daerah saya sekarang lagi hits.



2. Setelah terbuka lagu yang anda kehendaki arahkan kembali crusor mouse ke kiri atas klik Effects arahkan crossor mouse ke bawah cari Amplitude and Compresion
3. Maka selanjutnya anda akan di hadapkan pada munculnya tab kecil Seperti gambar di bawah :

Perhatikan gambar tersebut ada 2 bagian L+R, Yang anda harus lakukan adalah tekan tombol Play di sudut kiri bawah. Setelah musik berjalan tarik bagian L ke angka 0, bagaimana apa lagu yang anda dengarkan itu berubah? Perhatikan grafik diagram level pada bagian bawah apa Menyala sebelah?
Kalau pertanyaan saya diatas anda jawab YA anda berhasil 70% tp kalau masih ada suara vokal maka yang anda lakukan terbalik, berarti lagu tersebut menyimpan suara vokalnya pada bagian R maka yang perlu dilakukan adalah membuka kembali bagian L ke angka 100. Pada kesempatan percobaan kali ini suara vokal pada lagu Tersisih ini suara vokal berada di bagian L, untuk itu saya tarik bagian L ke angka 0 sehingga suara vokalnya tertutup. Bagaimana dengan anda ? sudah ketemu letak vokalnya pada L atau R?

Setelah ketemu letak posisi vokalnya dan berhasil anda tutup, Perhatikan grafik diagram level pada bagian bawah apa Menyala sebelah?
Kalau yang terjadi seperti gambar diatas berarti musik yang sedang anda dengarkan adalah bagian R, Untuk mengisi bagian L nya anda Klik R bagian atas, di atasnya tulisan input chanel lalu  tarik kembali bagian R ke angka 100 dan bagian L nya 0, maka lampu grafik level sebelahnya yang mati akan menyala, dan pastinya audio menjadi lebih bagus, Benar demikian?? Kl Benar Klik Apply.

4. Kalau suara musik kurang keras perhatikan tool yang menempel pada spectrum. Itu adalah gain untuk menambah volume, ganti angka 0 ke angka yang lebih tinggi biar volume bertamabah.
Terakhir anda tinggal Save as, pada save as seperti biasanya ada beberapa pilihan antarnya mp3, wav dll, SAVE DAN SELESAI. ini hasilnya :



SEMOGA HAL YANG SEDERHANA INI MENJADI BERGUNA. Terimakasih

Custom Search
Share this Article with your friends
6 Komentar untuk "CARA MEMBUAT MUSIK KARAOKE / MINUS ONE DENGAN ADOBE AUDITION CC"

thanks, tpi mau tanya gan aplikasi ini mencakup semua jenis mp3?

Tutorial agan masih kurang sip...
ini cuma berlaku di mp3 karaoke yg menyimpan suara vokal di kedua track (L&R)..
Saya jamin agan gak akan berkutik kalau suara vocalnya ada di kedua track, sementara musiknya yg berbeda antara kiri dan kanan...

gak semudah yg agan kira, saya ajja yg bisa melakukannya cm 95% ajja berhasil menghilangkan suara vocalnya...itupun tekniknya rumit...
saking rumitnya gak mungkin klo kita nge-share caranya di blog...
tapi tetep ae, kualitasnya gak sebagus dari label..
klo label kan memang punyak mentahannya...
jadi enak..

Maaf gan kl tutorial saya salah sekali lagi sy minta maaf saya masih belajar tp apa agan gak baca penjelasan saya di atas

" Sekali lagi saya TEGASKAN kalau lagu bukan versi karaoke menurut saya TIDAK ADA software yang mampu menghilangkan vokalnya yang ada hanya meredam suara midelnya sehinnga vokal dan suara midel pada musikn tersebut MENGECIL(tidak hilang) dan saya pastikan file lagu tersbut akan rusak jauh dari kata jernih alias hanya suara bass yang dominan."

Betul kata agan lagu label itu mereka record per track jadi gampang menutup track mana yang akan kita mute. sedangkan yang kita bahas bahan mp3 yang sudah jadi.

hanya itu yg sy bs jelaskan gan. mohon maaf sebelumnya kl pemahaman sy tentang audio di bawah agan.

Terima Kasih banget, sudah sangat membantu saya. Sekali lagi Terima kasih.....

Wah itu sudah bagus untuk pemula gan...trims ya. Anda sudah berbagi daripada pintar ga mau berbagi. Hehehehe lanjutkan bang ss design....

Back To Top