Solusi Instal Windows 7 64Bit - Cara Cara Dan Solusi

Catatan Cara Dan Solusi SS

Solusi Instal Windows 7 64Bit



Ada pengalaman lucu yang pernah saya alami,  waktu itu saya mau merakit sebuah pc. saya pilih spec-spec nya  pada sebuah toko komputer langganan saya dan saya minta  dipasangkan saja pada cassingnya dengan meminta sekalian instalkan windows 7 64bit, waktu itu sekitar pukul 10. Kemudian saya pergi belanja keperluan toko. Singkat cerita sekitar jam 15.00 saya kembali ke toko tersebut dan ternyata sang tekhnisi belum selesai juga padahal saya minta instal cuma windows 7 64bit doang tanpa aplikasi, sang tekhnisi minta waktu 1 jam lagi karena sudah langganan saya pun mengiyakan, tapi sampai 1jam lebih komputer saya belum selesai diinstal juga, sabar sayapun mentok dan protes pada pelayan yang lain dan skitar jam 5 baru komputer saya selesai. Sepulang dirumah saya nyalakan komputer tersebut dan saya melongo yang diinstal windows 7 32bit dan hasil dari Ghost-an. Jengkel banget waktu itu, mungkin si tekhnisi tadi belum pernah instal windows 7 64bit jadi berulang-ulang mentok terus tidak bisa diinstal  windows karena tidak merubah hardisknya MBR ke hardisk GPT dahulu Mungkin saat itu akan keluar tulisan seperti ini : "windows can not be installed to this disk the selected disk has an MBR partition table on EFI systems, windows can only be installed to GPT disks."begitu kira kira. Mohon maaf disini saya tidak akan menjelaskan apa itu Hardisk MBR/GPT, mungkin di lain kesempatan saya bisa menjelaskanya.


Dari Cerita saya di atas bisa kita simpulkan,  Apabila kita mau menginstal windows 7 64bit pada pada hardisk BARU untuk PC/Komputer kita harus merubah terlebih dahulu dari hardisk MPR ke GPT. Begitupun perlu dilakukan pada hardisk lama yang masih MBR apabila mau menginstal windows 7 64bit pada hardisk lama rubahlah hardisk tersebut menjadi GPT. Apabila hardisk MBR tersebut sudah di partisi leburlah dahulu partisinya menjadi satu baru bisa dirubah ke GPT karena merubah hardisk MBR ke GPT harus keseluruhan hardisk. Bagaimana cara merubahnya? Sebenarnya banyak cara ada yang menggynakan software seperti EASEUS Partition atau dengan Disk Management atau juga dengan menggunakan Command DISKPART silahakan rekan-rekan cari di mbah google caranya merubah hardisk MBR Ke GPT, karena rekan rekan bloger sudah banyak memposting hal tersebut. Perlu saya sharingkan juga kebanyakan pada hardisk laptop itu sudah hardisk GPT jadi anda tidak perlu bersusah untuk merubah hardisk lagi untuk instal windows 7 64bit hanya leptop tipe tertentu yang masih menggunakan hardisk MBR.

Semoga Cerita ini bisa menjadi titik terang bagi rekan yang sedang mengalami kesulitan dalam mencari Cara / Solusi Instal Windows 7 64Bit . Terimakasih.
Custom Search
Share this Article with your friends
2 Komentar untuk "Solusi Instal Windows 7 64Bit"

Apakah semua hardisk MBR bisa di ubah jadi GPT?
Saya sudah diskpart tapi tidak bias di Clean.
Hardisk saya Seagate ST500DM002 ..

Back To Top