Cara MeRecover/Memulihkan Data Pada CD - Cara Cara Dan Solusi

Catatan Cara Dan Solusi SS

Cara MeRecover/Memulihkan Data Pada CD

Lama tak posting pada blog ini karena kesibukan yang kian bertambah, tapi Alhamdulillah hari ini ada kesempatan dan bahan untuk posting pada blog tutor ini. Pengalaman yang akan saya bagikan ini berawal dari konsumen yang akan mencetak pembesaran photo pernikahanya pada tahun 2009 yang terdapat pada cd tapi apesnya cd tersebut tak bisa terbaca... ahahahha... dan sialnya lagi saya dikerjain setelah kepala dibikin pening.... baru konsumen tersebut cerita kalau sudah 4 studio photo yang didatangi (salah satunya di Jakarta) dan semua bilang kalau cd nya tersebut rusak... hahahah ketawa saya pun Asem gan.... "Besok kesini lagi ya mbak, tapi saya tidak janji akan berhasil tapi akan saya usahakan sebisa saya" ujar saya pada kosumen tersebut.

Jadi yang akan saya ceritakan kali ini adalah mengenai pengalaman saya mengembalikan/merecover data pada cd yang damage, Pada kasus ini damage cd kemungkinan disebabkan pada saat burn cd  tidak normal  bisa disebabkan karena kwalitas dari CD RW (cd room) pada pc / Kwalitas CD R (cakram CD) itu sendiri kurang berkwalitas. Saya katakan demikian karena pada kepingan (cakram CD) dengan mata telanjang terlihat pembakaranya dan tanpa goresan ataupun cacat pada cd. Akan tetapi begitu saya masukan dalam cd room pembakaran pada cd disc tersebut sama sekali tidak terbaca malah pada windows menampakan kalau cd disc tersebut adalah cd disc kosong. Padahal sudah saya ceritakan tadi kalau terdapat bekas burn pada disc tersebut. ini penampakanya :


Dan hari ini saya coba mengakali data yang terdapat pad cd yang damage/rusak tersebut dan Alhamdulillah berhasil meskipun tidak 100% berhasil terangkat semua file nya. setidaknya 75% bisa saya angkat dan itu bisa membuat jidat konsumen saya yang tadinya berkerut karena pusing sekarang agak berkurang,,,,, hahahahaha....

Bagi agan yang masih menyimak Cara MeRecover/Memulihkan Data Pada CD silahakan baca ketikan saya yang kurang bagus ini :

1. Siapkan CD Room yang masih Sakti dalam Read Cd, karena secara logika cd room yang usang dalam membaca cd pasti akan sulit gan. Betul?

2. Siapkan Cairan Pembersih Kaca ( Kalau Ada pakai Brosso itu menurut browsing saya sama Embah Google) Saya gunakan pembersih kaca karena yang ada didekat saya pembersih kaca atau agan juga bisa gunakan cairan khusus pembersih cd yang ada di toko elektronik.
3. Beri Cairan Pembersih Kaca pada cd, utamakan pada lokasi bekas burn usap/gosok dengan kain halus berserat lembut searah jarum jam atau melingkar mengikuti bekas pembakaran sampai benar-benar bersih dan kering. Masukan kedalam cd room pc/leptop agan coba sudah terbaca belum, kalau masih terindek pada windows cd tersebut kosong ulangi sekali lagi langkah ke 3 ini. kalau sudah di ulangi langkah ke 3 ini dan masukan lagi pada leptop/pc agan dan coba klik properties pada cd tersebut sampai penampakanya seperti ini :






4. Kalau agan berhasil seperti apa yang saya alami maka akan seperti pada gambar-gambar diatas yang artinya ada secercah harapan untuk bisa mengangkat data data yang terdapat pada cd tersebut MESKIPUN agan lihat pada gambar diatas yang paling bawah tetap saja cd tersebut tidak bisa memunculkan file-filenya.

5. Sekarang kita cari software yang bisa mengembalikan data data nya, yang saya gunakan kali ini adalah Mini Tool Data Recovery 6.8 Silahkan agan cari di Embah Google banyak rekan bloger yang posting Software tersebut atau kalau agan perlu link Website nya boleh KLIK DISINI menuju website dari Mini Tool Data Recovery.

6. Saya anggap agan sudah mengInstal software tersebut maka langsung klik pada menu cd.
karena kita akan merecover file dari cd :

Selanjutnya akan muncul pilihan seperti ini :


Klik pada drive cd room yang di tuju selanjutnya klik advanced setting fungsinya untuk memilih jenis file yang akan kita cari biar proses scan tidak terlalu lama. Kemudian Klik FULL SCAN.. tunggu sampai proses selesai..
selama proses berjalan baiknya ya... ambil cemilan dan  segelas kopi hangat biar tidak ngantuk.. hehehe soalnya yang namanya merecover file itu tidak ada yang cepat. Setelah selesai maka tampilanya akan terlihat seperti gambar dibawah ini :


Selanjutnya Anda tinggal menuju menu SAVE untuk menyimpan file yang berhasil anda angkat tadi tentukan juga dimana drive anda akan menyimpan fielnya.

Itulah sekilas Cerita saya bagaimana Cara MeRecover/Memulihkan/mengangkat Data Pada CD yang damage/rusak, semoga hal yang sederhana ini bisa berguna. Sekedar tambahan bagi agan yang belum berhasil mendapatkan software mini tool nya bolih klik link dibawah dimana saya menyimpan software tersebut. Terimakasih.

Link  Mini Tool Tersimpan

Custom Search
Share this Article with your friends
0 Komentar untuk "Cara MeRecover/Memulihkan Data Pada CD"

Back To Top